Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Thursday, January 26, 2012

Tips Mengajar | Tips Supaya Mengajar Menyenangkan | Tips Menguasai Siswa dalam Pembelajaran

Tips Mengajar | Tips Supaya Mengajar Menyenangkan | Tips Menguasai Siswa dalam Pembelajaran:


Anda mungkin sering merasa tidak nyaman ketika Anda berada di depan kelas. Sehingga hal ini secara langsung atau tidak langsung berdampak pada proses pembelajaran. Anda menjadi malas mengajar dan siswa juga jadi malas belajar. Dengan situasi pembelajaran yang tidak baik, maka akan berdampak pula pada siswa. Hasilnya,,, siswa jenuh dan tidak memperhatikan apa yang anda sampaikan, atau mungkin mereka memperhatikan Anda tapi karena takut dengan Anda (mengajar sambil "marah-marah"), hasil belajarpun menurun.

Tentu saja hal tersebut di atas tak Anda inginkan,

Berikut sedikit tips yang mungkin dapat memaksimalkan pembelajaran yang akan anda lakukan:
  • Konsentrasilah di tempat "kerja" anda sekarang, posisikan bahwa anda bukan lagi di rumah. Tinggalkan semua masalah yg mungkin sedang menerpa anda (jika anda sedang tidak mood).
  • Pastikan bahwa Anda sendiri antusias, tertarik, senang dengan materi yang akan Anda bawakan.
  • Jangan langsung masuk ke materi. Kebanyakan siswa masih belum “ON” konsentrasinya. Sebagian masih agak ngantuk, ingin main-main, dsb, sebagian lagi masih mikirin masalah yang di rumah, dll, dll. So, lebih baik mulai dengan menyapa mereka, kemudian ceritakan dengan santai hal – hal berguna yang bisa menarik minat dan perhatian mereka.
  • Setelah siswa sudah pada "bangun", mulailah dengan mereview pembelajaran terdahulu, jadi mereka mulai mengaitkan materi hari ini dengan yang kemarin. Baik jika meminta beberapa anak menceritakan dengan singkat isi pembelajaran kemarin.
  • Saat mulai masuk ke materi baru, usahakan untuk “masuk ke dunia mereka” kemudian “mengajak mereka ke dunia Anda” (prinsip di Quantum Teaching). Ceritakan dulu analogi yang berhubungan dengan dunia mereka, barulah Anda jelaskan hal–hal yang rumit semudah mungkin..
  • Saat siswa sudah mulai bosan dan mengantuk (Anda pasti bisa lihat bahasa tubuh mereka kan?), tidak ada salahnya Anda berikan waktu break, atau Anda ceritakan/tampilkan kisah-kisah lucu, dll. Kadang–kadang santai sejenak 5 menit sudah cukup untuk merefresh Anda dan siswa.
  • Jika ada siswa yang melanggar kesepakatan, tanganilah dengan bijak. Bersikap tenang namun tegas. Jika Anda tidak tegas, maka mereka cenderung tidak menghargai Anda dan aturan di kelas. Namun jika Anda “terlalu tegas”, hal itu akan merusak emosi mereka (dan Anda), sehingga akan mengurangi kesenangan belajar yang telah Anda bangun.
Semoga berguna...

Artikel terkait:

4 comments:

Kiftirul 'Aziz said...

jadi semangat mulang, prof! meskipun seringkali keterbatasan legalitas membuat kita berpikir 2 kali untuk menempatkan idealisme pada status quo .... saling mendo'akan, prof!

Unknown said...

Dan berusahalah untuk ikhlas, percayalah "sekarang" ini adalah yang terbaik, Jangan kita berusaha untuk berharap Tuhan selalu mendengar do'a kita, tapi berusahalah untuk menerima apa keputusan Tuhan...
mohon pencerahannya prof...

Admin said...

nice blogg..keep posting brother

Unknown said...

Ok...bro...mohon bimbingannya, br terjun ni...

Post a Comment